Minggu, 31 Agustus 2014

Membuat Cerpen Menjadi Teks Prosedur


(CERPEN)


LIBURAN DI TABANAN
  
      Saat liburan sekolah semester I saya berliburan ke kampung halaman saya di Kecamatan Tabanan, saya berlibur di sana selama 1 minggu. Ketika berlibur banyak hal yang saya lakukan di Tabanan saya lebih banyak bermain bersama saudara saya yang ada di sana, saya bersama adik saya bermain ke sungai, sawah , kebun dan banyak tempat di sana yang saya jadikan tempat bermain. Saat bermain ke sawah, saya bersama adik saya De Rawan melihat ikan yang ada di pinggiran sawah dan kepiting yang berlarian di sana, saya pun melihat cacing dan memiliki ide untuk menjadikannya umpan memancing di sungai, karena saya sangat suka memancing di sungai. Karena saya tidak memiliki pancingan atau alat pancing saya pun berencana membuatnya bersama adik. 

    Sebelum saya memancing saya membuat alat pancing sederhana dahulu bersama adik saya, selanjutnya saya mencari bahan dan alat-alat yang akan di gunakan membuat alat pancing. Yang saya gunakan adalah satu pisau , kawat kecil  ,bambu  yang sudah saya belah dan memiliki panjang berkisar 1,5 meter, tali pancing ukuran kecil, sandal bekas ,dan kail ukuran kecil. Semuanya itu saya dapat di rumah dan di sekitar rumah saya.

 Karena sudah saya siapkan lalu saya membuatnya bersama, saya pertama menyerut bambu agar ukurannya sama seperti tongkat pancing ukuran sedang dan dihaluskan dengan pisau, selanjutnya saya mengambil sandal bekas untuk di bentuk kerucut panjang sebagai pelampung, lalu saya ambil tali saya masukan tali ke  lubang pelampung dan saya mengikat kail pada ujung tali dan membelitkan kawat di antara pelampung dan kail sebagai pemberat, jika sudah saya mengikat ujung tali satunya pada tongkat dengan kuat. Akhirnya pancing saya pun jadi dan saya pun pergi ke sungai memancing dan menggunakan cacing sebagai umpannya .


                                                                          

(UNSUR INTRINSIK)


Tema                        = Liburan

Tokoh                       =  Saya ( Lanang )
                                       De Rawan ( Adik Lanang)

Penokohan              =  Saya (Baik dan Giat)
                                        De Rawan (Baik)

Latar                          =  Waktu         : Liburan Sekolah
                                       Tempat       : Desa Tabanan
                                       Suasana     : Gembira

Bahasa                    =  Gaya Bahasa Tidak Resmi Dan Sederhana

Sudut Pandang      =  Orang Pertama Sebagai Pelaku Pertama

Alur                           = Alur Mundur


Amanat                    = Kita harus berani mencoba dan berkerja dengan sungguh-
                                      sungguh untuk mendapatkan apa yang kita inginkan.



                                                 
(TEKS PROSEDUR)



MEMBUAT ALAT PANCING

Saat liburan saya berlibur di desa, saya bermain ke tempat yang saya yang suka. Saat itu ingin memancing tetapi saya tidak memiliki alat pancing, akhirnya saya bersama adik saya ingin membuat alat pancing bersama untuk memancing di sungai. Saya akan membuat alat pancing sederhana yang mudah untuk saya buat. Karena itu saya harus menyiapkan alat dan bahan terlebih dahulu.

1. Peralatan
- Pisau   

2. Bahan
- Kawat kecil         - Bambu                - Kail kecil
- Tali pancing       - Sandal bekas

3. Langkah-langkah
     Langkah-langkah mebuat alat pancing sederhana dilakukan dengan tahap
     tahap berikut.

a)   Pembuatan tangkai pancing
Yang kita lakukan adalah babu di potong sepanjang 1,5 meter, kita belah agar ukurannya kecil lalu kita haluskan menggunakan pisau.

b)  Pembuatan Pelampung
      Kita membuat pelampung alat pancing menggunakan sandal bekas, kita potong     sandal bekas berbentuk segitiga kecil dan di lubangi bagian tengahnya.

c)   Perakitan
Setelah bahan yang kita punya sudah cocok dengan ukurannya, kita akan melakukan perakitan semua bahan, yaitu kita masukan tali pancing kedalam pelampung, kita ikatkan kawat kecil dibawah pelampung lalu kail kita ikat pada ujung tali pancing, selanjutnya ujung tali yang satunya kita ikat pada tangkai pancing dan alat pancing kita sudah jadi.


(SEMOGA MEMBANTU ANDA)





Tidak ada komentar:

Posting Komentar